Cara Menulis Biografi dan Menyusunnya

Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya.

Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu. Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema-tema utama tertentu misalnya tema tentang tokoh terkenal, dsb.

Berikut contoh biografi salah satu pesebakbola muda berbakat yang sedang berkiprah di Piala Dunia 2014, Neymar.

Contoh biografi : Neymar

Contoh biografi tentang Neymar

Brazil tampaknya tidak pernah kehabisan talenta-talenta baru dalam dunia sepakbola. Kita sudah cukup akrab dengan nama Pele, Dunga, Cafu, Roberto Carlos, Romario, Ronaldo, Ronaldinho, Kaka  yang bersinar terlebih dahulu di dunia sepak bola maka kini muncul lagi bintang baru. Tak heran bila Brazil dan talentanya sering dijuluki Selecao atau yang terpilih.

 

Muda dan berbakat. Itulah salah satu idiom yang menempel di diri pesebakbola Neymar,Jr. Lahir dari pasangan Neymar da Silva,Sr dan Nadine Santos pada 5 Februari 1992 di Mogi das Cruzes, Brazil. Sejak kecil, pemilik nama asli neymar da Silva Santos Junior ini sudah tertarik dengan si kulit bundar berkat ayahnya, Neymar, Sr, yang juga mantan atlit sepakbola. Kecintaan Neymar kecil tumbuh dalam dunia futsal dan sepakbola jalanan. Dan selama itu, ayahnya selalu membimbing Neymar,Jr menekuni talentanya.

Tahun 2003, Neymar pindah bersama keluarganya ke Sao Vicente, dimana dia mulai bermain untuk tim junior Portuguesa Santista, lalu di tahun yang sama, ia pindah ke Santos dan bergabung dengan klub sepak bola Santos FC. Karirnya saat itu sudah mulai terlihat cerah. Beranjak dari keluarga yang serba pas-pasan, Neymar berhasil menjadikan sepakbola sebagai katalis untuk meningkatkan mutu hidup keluarganya. Di usianya yang ke 15, Neymar berhasil meraih 10.000 real per bulan dan tahun berikutnya, gajinya sudah naik lebih dari sepuluh kali lipat menjadi 125.000 real per bulan. Dengan uang hasil jerih payahnya itu, keluarganya dapat membeli rumah di kawasan Vila Belmiro. Di luar gaji, Santos juga mendapatkan beberapa sponsor serta kontrak professional penuh di grupnya pada usia 17.

Neymar sudah dilirik oleh klub Eropa sejak tahun-tahun awal karirnya. Tercatat di tahun 2010, Santos FC, tempat Neymar bernaung, telah menolak tawaran sebesar 12 juta pounds dari West Ham United dan tawaran sebesar 20 juta pounds dari Chelsea di tahun yang sama. Pada saat itu, sudah tersirat bahwa Neymar hendak melanjutkan karirnya ke benua Eropa namun pilihannya untuk saat itu masih berada di Santos FC. Itu diketahui dari wawancaranya dengan sebuah kantor berita Daily Telegraph bahwa adalah mimpinya untuk bermain di Eropa dan sebenarnya, ia cukup tertarik dengan tawaran Chelsea. Bertahun-tahun menunggu hingga tibalah di waktu yang tepat. Ayahnya yang juga merupakan manajer Neymar beserta agennya mengungkapkan bahwa Neymar hendak pindah ke Eropa sebelum Piala Dunia 2014. Tak ayal lagi, saat pertandingan terakhirnya membela Santos, Neymar tak kuasa menahan tangis saat lagu kebangsaan Brazil dimainkan.

Bulan Mei 2013 adalah bulan bersejarah bagi Neymar. Barcelona FC sebuah klub besar Spanyol meminang Neymar dan gayung pun bersambut. Neymar kini satu klub dengan bintang kelas atas Amerika Latin lainnya Lionel Messi. Meskipun  pada awalnya baik Neymar maupun bekas klubnya tutup mulut perihal jumlah transfernya, wakil presiden klub Barcelona membocorkan bahwa nilai transfer Neymar sebesar 87.2 juta euro. Itu membuatnya masuk ke dalam 10 pemain dengan nilai transfer tertinggi. Belakangan ada pihak yang menyebutkan bahwa nilai transfer Neymar ‘hanya’ di kisaran 40 hingga 50 juta euro saja. Posisinya di Barcelona tidak pasti karena ia bisa mengisi berbagai macam posisi baik striker, pemain sayap atau gelandang penyerang. Tidak jarang  ia menjadi tandem sang striker Lionel Messi.

Neymar juga adalah seorang ayah. Tepatnya pada usianya yang ke 19, ia dilaporkan telah memiliki putra bernama, David Lucca. Ibu sang anak bernama Carolina Dantas namun Neymar tidak memiliki hubungan khusus dengannya. Meskipun begitu Neymar adalah pria yang bertanggung jawab. Hak asuh anaknya diambil secara penuh dan sang ibu dibelikan rumah di Sao Paulo, Brazil.Kabar terakhir, Neymar dikabarkan baru putus dari kekasihnya, seorang aktris Brazil, Bruna Marquezine. Neymar juga adalah seorang penganut Kristiani. Menurutnya hidup baru berarti saat tujuan tertinggi adalah untuk mengikut Kristus. Idolanya dalam soal agama adalah rekan satu negaranya, Ricardo Kaka.

Selain di sepakbola, ia juga merambah dunia hiburan, ia punya andil di perkembangan dunia music Brazil dan baru saja menjadi cover sebuah game sepakbola Pro Evolution Soccer. Neymar juga membintangi berbagai macam iklan serta jadi duta berbagai brand. Sebuah pencapaian yang cukup luar biasa untuk seseorang yang baru berusia 22 tahun. Banyak pihak yang meramalkan bahwa sinar Neymar akan semakin terang seiring bertambahnya waktu.

Neymar yang baru saja melewati ulang tahunnya yang ke 22

Image courtesy of http://www.fcbarcelona.com/football/first-team/detail/article/happy-birthday-neymar 

 

Langkah Menulis Biografi:

  1. Kumpulkan data.
  2. Mintalah pendapat sang tokoh.
  3. Mulai menulis dengan bahan tersedia.
  4. Setelah tulisan selesai, mintalah sang tokoh membaca draf yang sudah ditulis. Jika tokoh setuju,
  5. Siap diterbitkan

Kami menerima jasa penulisan biografi. Jika berminat hub 08113436830 Natan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s